Rabu, 06 November 2013

Basic Leadership Training STIE Pertiwi Angkatan ke-5

Sebanyak 640 mahasiswa STIE Pertiwi mengikuti acara Basic Leadership Training (BLT) angkatan ke-5 yang berlangsung di Hotel Ever Green Village. Jl. Raya Puncak KM 84 Tugu Cisarua, Bogor. Program yang bertujuan membangun karakter calon mahasiswa ini berlangsung selama dua hari satu malam tepatnya pada tanggal 26-27 Oktober 2013.


Pada hari pertama, setelah upaca pembukaan acara BLT, para peserta langsung menuju ke aula utama. Di tempat tersebut, keseluruhan peserta yang merupakan mahasiswa STIE Pertiwi dari cabang Bekasi, Cililitan, Cileungsi, Cikarang, Karawang, Keragilan dan Cempaka putih diberikan materi mengenai kepemimpinan oleh Hj. Tuti Indrayani, S.E., M.B.A. Dalam penyampaian materi pembicara banyak menyelingi dengan berbagai macam simulasi berupa permainan yang mengandung filosofi kepemimpinan dan kerja sama tim.

Pada malam harinya kegiatan ini diselingi dengan hiburan dengan menampilkan berbagai macam kreasi dan seni pertunjukan dari tiap-tiap kelompok peserta. Dalam sesi ini banyak peserta yang terlihat bergembira dengan menyaksikan berbagai macam aksi individu maupun kelompok dari para peserta yang tampil. Beberapa penampilan yang ditampilkan oleh para peserta antara lain: bernyanyi, menari, atraksi sulap, stand up comedy, drama, dan kreasi yel-yel antar kelompok.
Pada hari kedua, acara dilanjutkan dengan senam bersama di depan aula utama tempat training ini berlangsung. Setelah itu peserta langsung berkumpul dengan kelompoknya masing-masing untuk melanjutkan ke sesi outbound, dalam sesi ini para peserta yang telah dibagi ke dalam beberapa kelompok saling berlomba untuk menyelesaikan keseluruhan games yang telah dipersiapkan oleh para panitia dan dibagi menjadi beberapa pos. Dari sesi outbound ini para peserta dapat berkompetisi secara positif, mengasah daya kreatif dalam menyelesaikan berbagai tantangan, serta mampu bekerja sama dalam sebuah tim demi tercapainya sebuah tujuan.
Dari keseluruhan acara Basic Leadership Training ini diharapkan dapat membekali para peserta dengan kemampuan memimpin, sehingga apa yang telah mereka dapatkan dari acara ini dapat menciptakan pribadi-pribadi yang efektif, unggul, dan berkinerja optimal dalam setiap persoalan maupun tantangan yang mereka hadapi dalam lingkungan pekerjaan, kuliah, maupun keseharian.

Beberapa manfaat dari kegiatan Basic Leadership Training:
  • Peserta belajar untuk memanfaatkan kekuatan kepemimpinan diri sendiri dalam memberikan kontribusi dan dedikasi kepada perusahaan tempat kuliah atau kerja..
  • Peserta belajar cara memberikan perhatian kepada tugas dan tanggung jawab, serta memiliki kebiasaan untuk mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang membantu pekerjaannya.
  • Peserta belajar cara memanfaatkan emosi baik untuk menciptakan lingkungan kerja yang berkualitas. 
  • Menjaga diri dan perilaku berdasarkan emosi yang cerdas akan menghindarkan diri dalam konflik yang merugikan kinerja setiap orang.
  • Peserta belajar cara membuat diri selalu bergairah bersama pekerjaan, serta menyukai tugas dan tanggung jawab, dan selalu siap memberikan yang terbaik.
  • Peserta belajar cara berkomunikasi secara efektif dan selalu mendengarkan petunjuk atau masukkan dari pihak lain.
  • Peserta belajar cara membantu membangun kepercayaan dan menciptakan motivasi untuk cara-cara kerja yang berkualitas.
  • Peserta belajar cara memberikan bantuan layanan sesuai kebutuhan untuk hubungan kerja yang sukses.
  • Peserta belajar cara memperbarui kualitas diri, dan selalu menjaga keterampilan untuk memberikan kualitas kerja terbaik.
  • Peserta belajar untuk menjadikan diri beretika, berintegritas, dan loyal kepada perusahaan.
  • Peserta mendapatkan tips dan trik untuk menuju hidup yang diperkaya dengan nilai-nilai positif.
  • Peserta dapat mendiskusikan persoalan dan tantangan kerja, untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dari pembicara.
Dokumentasi Basic Leadership Traning STIE Pertiwi angkatan ke-5:

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar