Kamis, 17 Juli 2014

Table Manner Akademi Pariwisata Pertiwi 2014

Table Manner jika diartikan secara harfiah adalah tata cara atau sikap saat berada di meja makan yang disesuaikan dengan etika sopan santun dan etiket Internasional.

Setiap negara atau daerrah, tentunya memiliki kebiasaan, adat istiadat atau budaya tersendiri. Termasuk dalam urusan tata krama mengisi perut di jamuan makan. Yang harus kita ketahui bersama ialah bagaimana agar dapat diterima dan menikmatinya.

Jamuan makan dapat menjadi sebuah alat diplomasi atau menjalin hubungan baik dalam hal bisnis, politik, kemanusiaan dan sebagainya. Oleh karena itulah jamuan makan dan standar penyajian, tata kelola serta pengkondisian suasana, agar telihat nyaman dan elegan.

Penerapan standar etiket bertujuan keteraturan dalam jamuan dengan suasana nyaman, baik bagi Anda maupun bagi pengundang atau host. Jika Anda kurang memahami etiket dan table manner bisa berakibat fatal, Anda menjadi malu, dan kurang dianggap pas untuk menjadi tamu, apalagi sebagai duta bangsa.

Etiket jamuan berbeda-beda antara Eropa, Amerika, Asia, dan negara lainnya, dan dengan tatacara yang berbeda pula, semuanya boleh digunakan asal patuh pada sistem masing-masing. Sistem Eropa sangat ketat, konservatif, sedangkan sistem Amerika lebih longgar, dan Asia, Latin, Arab dengan adat ketimuran dan jenis makanan berbeda lebih kaya.
Akademi Pariwisata Pertiwi yang berfokus mendidik mahasiswanya dalam bidang Ilmu Pariwisata Perhotelan, menjadikan table manner menjadi salah satu materi kuliah dan materi praktek yang wajib untuk diikuti oleh setiap mahasiswanya. Agar para mahasiswa dapat memahami secara teori, serta dapat merasakan dan melihat langsung melalui praktek di lapangan.

Semoga dengan adanya salah satu mata kuliah dan praktek table manner ini, lulusan akademi pariwisata dapat selalu diterima dengan baik, melalui sikap dan tata krama yang pernah didapatkan pada saat kuliah. 

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar