Rabu, 01 Oktober 2014

Pancasila Masih Sebagai Dasar Negara

Masih adakah kawan-kawan sekalian yang sadar, ikut merayakan atau menjadi panitia dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila?

Dengan hati yang terbuka dan penuh kejujuran, kebanyakan dari kita pastinya tidak akan sadar mengenai hal ini. Tidak seperti peringatan kemerdekaan Indonesia yang diperingati tanggal merah setiap 17 Agustus.

Apa sih sebenarnya hari kesaktian pancasila tersebut, dan apa makna yang bisa diperikleh dari peringatan tersebut?

Sejak era presiden Soeharto, setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Penetapan itu berawal dari insiden pada 30 September 1965. Walaupun hingga kini, kalangan sejarahwan masih ada yang memperdebatkan mengenai peristiwa ini.

Dilansir dari situs Portalkbr.com, hasil Reporter Teen Voice, Adinda Prasca kepada Bapak Susanto Zuhdi Sejarahwan dari Universitas Indonesia menjelaskan, mengapa sampai disebut sebagai Hari Kesaktian Pancasila, karena pada waktu itu ada pergerakan perlawanan dari komunis yang merencanakan untuk menggulingkan ideologi Pancasila, namun kudeta tersebut dapat digagalkan. Oleh karena itu, Orde baru menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai hari kesaktian pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila masih berkaitan dengan peristiwa pembunuhan 7 Jenderal pada 30 September 1965. Peristiwa ini merupakan kudeta yang dilakukan suatu kelompok tertentu yang ingin mengganti Pancasila. Karena kudeta tersebut tidak berhasil maka Pancsila tetap menjadi ideologi bangsa kita sampai sekarang

Pada hari itu, enam jenderal dan satu kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia.

Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September (G30S) dan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Ilustrasi Pancasila Sebagai Dasar Negara:

Selamat Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2014. Semoga dasar negara kita ini, tetap menjadi dasar pemersatu bangsa.

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar