Minggu, 05 Oktober 2014

Tips Sukses Bisa Kuliah Sambil Kerja Sampai Sarjana

Bagi masyarakat yang beruntung, memang mereka tidak harus menjalankan dualisme aktivitas sekaligus. Mereka yang memiliki biaya untuk melanjutkan studi selepas Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat langsung melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi tanpa terkendala biaya, sehingga selama kuliah mereka tidak harus memikirkan bagaimana mereka dapat memperoleh penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari, serta untuk biaya kuliah.

Sebagian masyarakat lainnya yang perduli akan masa depan mereka, banyak yang bekerja sambil berkuliah dengan mengambil perkuliahan kelas karyawan yang memang pada saat ini banyak disediakan oleh beberapa kampus yang ada di Indonesia.

Mereka yang berkuliah sambil kerja, patut kita acungi jempol karena dapat menjalankan dua aktivitas sekaligus, sebagai karyawan juga sekaligus mahasiswa. Oleh karena itu pula dalam artikel kali ini kita akan mencoba memaparkan, bagaimana tips agar sukses menjalani dualitas sebagai karyawan dan mahasiswa hingga menjadi Sarjana nantinya.

1. Ukur kemampuan diri Anda terlebih dahulu. Hanya Andalah yang paling mengetahui kemampuan diri sendiri. Apakah benar Anda merasa mampu untuk menjalani dualitas sebagai karyawan juga sebagai mahasiswa. Biasanya keinginan yang kuat untuk menjadi Sarjana dapat membantu menguatkan kemauan diri Anda untuk mendorong impian ini.

2. Lihat waktu yang Anda miliki. Waktu adalah sebuah sumber daya yang benar-benar tak dapat diperbaharui, oleh karena itu Anda harus melihat jadwal kerja dan jadwal kuliah di kampus yang nantinya Anda tuju sebagai tempat menuntut ilmu.  Jika memang waktu tersebut memungkinkan, maka tak ada masalah untuk melanjutkan studi hingga Sarjana.

3. Periksa kantong pribadi Anda. Sebagai mahasiswa yang membiayai biaya perkuliahan dengan biaya
sendiri, Anda harus pintar-pintar mengelola keuangan pribadi Anda. Keraslah terhadap diri sendiri dalam mengelola keuangan pribadi, agar tidak adal masalah dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan untuk biaya kuliah Anda hingga Sarjana nanti.

4. Perbanyak kawan di Kampus. Setelah menjadi mahasiswa nanti, jangan sekedar menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang - kuliah pulang) sediakan sedikit waktu untuk mencari kawan baru setiap harinya. Jadi nantinya apabila Anda mendapatkan kesulitan dalam mengerjakan mata kuliah, Anda masih dapat memperoleh bala bantuan dari kawan lainnya. Dengan banyaknya kawan Anda juga dapat berbagi informasi dan bertukar pengalaman dengan kawan lainnya.

5. Pahami aturan kampus dengan baik. Dengan memahami segala aturan yang ada di kampus tempat anda melanjutkan studi, nantinya Anda tidak akan banyak merasa kebingungan menghadapi kegiatan akademik yang ada. Baca buku panduan mahasiswa dan selalu dekat dengan dosen dan karyawan kampus tersebut, usahakan Anda memiliki nomer Handphone dosen maupun karyawan kampus yang terkait dengan kegiatan akademik Anda.

Semoga sedikit tips ini dapat membantu dalam menjalankan dualisme kegiatan sebagai seorang karyawan disebuah perusahaan, serta sebagai mahasiswa di kampus pilihan Anda.

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar