Jumat, 10 Juli 2015

Safari Ramadhan STBA Pertiwi 2015

STBA PERTIWI mengadakan acara buka puasa bersama yang diikuti oleh para mahasiswa, karyawan, dosen dan rektorat, acara tersebut  terbingkai dalam mempererat tali silaturrohim. Acara buka puasa bersama ini selepas kegiatan English Night Performance yang berlangsung dengan penuh antusias dari mahasiswa STBA Pertiwi.

Di bulan penuh hikmah ini , orang berbondong-bondong panen pahala, salah satunya dengan memberikan buka puasa kepada orang yang berpuasa atau takjil. Orang yang memberikan buka akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang yang berpuasa. 

Sebagaimana sabda Rasulullah saw: “Barang siapa yang memberi buka orang yang berpuasa, niscaya dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sama sekali.” (Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Selain itu, orang yang memberikan buka kepada orang yang berpuasa, Malaikat akan mendoakannya sampai orang yang berpuasa tersebut menyelesaikan hajatnya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw: "Sesungguhnya orang yang berpuasa jika ia berbuka pada seseorang, maka malaikat akan mendo'akan orang tersebut hingga orang yang berpuasa tersebut selesai hajatnya, atau: Sampai menyelesaikan makanannya." (HR Darimi dan Abu Ya'la dengan isnad Jayid).
Atas dasar hadis di atas, banyak orang memberikan takjil yang berlangsung selama bulan puasa, biasanya dipusatkan di masjid, musholla, bahkan dijalananpun sering kita jumpai suasana pemberikan takjil. Pemberian takjil biasanya dilakukan menjelang berbuka. Banyak macam pemberian takjil, seperti nasi, roti, kurma, kolak, teh, maupun camilan tradisional lokal lainnya. Takjil disediakan oleh umat secara sukarela sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Untuk itu disyari’atkan bagi umat muslim memberi hidangan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa bersamanya, karena makanan ketika itu sangat disukainya. Di situlah letak nikmat sesungguhnya. Itulah keutamaannya memberikan makanan berbuka untuk orang yang berpuasa.

Selain mengadakan kegiatan di Kampus Cililitan, Mahasiswa STBA Pertiwi dan STIE Pertiwi mengadakan bhakti sosial dan buka puasa bersama yang bertempat di Yayasan panti asuhan "Rumah Harapan" Karawang.

Penulis berharap, STBA PERTIWI menjadikan agenda ini menjadi agenda rutinitas yang digelar setiap tahunnya, bahkan harapan kami lebih dari apa yang terjadi hari ini, karena kebiasaan-kebiasaa baik tidak boleh berhenti diluar Ramadhan. Saling memberi seharusnya juga menjadi tradisi pada bulan dan hari-hari biasa.

Semoga pada bulan-bulan yang lain kepekaan kita terhadap orang yang membutuhkan dan keikhlasan kita saat memberi, sama dengan ketika bulan puasa. Amin.

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar