Senin, 03 Agustus 2015

"Ayo Toeroen Ke Djalan!" Peran Mahasiswa di Hari Kemerdekaan

gambar: teknokita.com
Dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia, masyarakat biasanya mengedakan kegiatan-kegiatan yang berupa Upacara Bendera, Kerja bakti, Lomba, selamatan, Karnaval/pawai, Pentas seni dan kegiatan lainnya.

Sebagai Mahasiswa yang memiliki kewajiban pengabdian kepada masyarakat, sesuai dengan tri dharma Perguruan Tinggi, seyogyanya turut andil dalam mengadakan kegiatan bersama warga sekitarnya, tidak hanya sekedar tidur dan bermalas-malasan di kamar.

Mahasiswa dapat menjadi pelopor dan contoh yang baik di masyarakat dengan mengajak masyarakat sekitarnya agar terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan peringatan hari kemerdekaan Indonesia ini. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat memberikan pengertian kepada anak-anak tentang makna kemerdekaan melalui kegiatan yang dilaksanakannya tersebut.

Dengan memberanikan diri menjadi pelopor dalam kegiatan-kegiatan positif, hal ini tentunya akan mengikis citra negatif mahasiswa selama ini yang telah dianggap berbelok arah. Mahasiswa sering dicap kaum hedonism,  karena gaya hidupnya yang bebas, serta meninggalkan kehidupan bermasyarakat dengan mementingkan kepentingan kelompok saja.

Mahasiswa sebagai garda terdepan perubahan harus mampu memciptakan kondisi masyarakat sekitar yang baik, sehingga kebaikannya akan menular pada masyarakat yang lain dan sampai akhirnya seluruh masyarakat akan baik juga dari sebuah komunitas kecil kemudian tumbuh menjadi komunitas yang besar hingga masyarakat yang besar.

Untuk hal itulah mahasiswa ada,  mereka harus menjadi pemicu terbentuknya peradaban yang maju dengan pengabdian melalui pemberdayaan masyarakat sebagai awalannya karena pengabdian merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi dan sudah merupakan kewajiban bagi kaum akademik untuk memenuhinya. Selain itu, tuntutan akal dan etika juga akan membuat mahasiswa sadar akan kewajibannya sebagai seorang intelek.

Oleh karena itu, dengan segala potensi dan fasilitas yang ada mahasiswa harus menjadi tonggak pengabdian masyarakat. Dengan intelegensia, kreatifitas, dan kepemimpinan yang tinggi apalagi dengan didukung fasilitas dan wadah yang memumpuni dari kampus, mahasiswa memiliki peran penting dalam pengabdian masyarakat. 
Kita mahasiswa harus bisa menciptakan sebuah pengabdian yang mempu menciptakan sejuta manfaat untuk masyarakat.
Ayoo mulai dari kergiatan 17 Agustus 2015 ini!
MERDEKA, Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Yang Ke 70 Tahun

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar